JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAHMU

JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAHMU
Suasana MK 2011

Maret 26, 2012

Tradisi Suro'an dan Larangan Pernikahan Versi Kediri


Tradisi Suro’an
Tradisi suro’an ini merupakan tradisi kuno yang sudah lama berkembang di Jawa Timur terutama berkembang dan sampai saat ini masih dilakukan di Wilayah Selatan, seperti Kediri, Tulungagung, dan Blitar. Tradisi suroan yang akan saya bahas adalah tradisi yang ada setiap peringatan bulan suro, tepatnya malam satu suro dan dilaksanakan di Setiap perempatan di desa, upacara ini dilakukan untuk tujuan membersihkan desa dari (balak) atau mala petaka yang
menimpa desa (Bersih Desa), pada kegiatan ini semua masyarakat beramai-ramai berkumpul dalam satu tepat (perempatan) untuk melakukan Do’a bersama. Doa bersama ini biasanya dipimpin oleh sesepuh desa atau yang di tuakan di desa, acara ini dimulai sehabis magrib sampai menjelang isya’. Upacara yang berisi doa-doa bersama dan makan-makan ini merupakan tradisi rutin setiap menjelang bulan Suro. Makanan yang dibawa disini biasanya makanan tradisional, seperti Tumpeng Komplit dan aneka jajan pasar, hal ini yang menjadi hal unik tersendiri. Tradisi ini berawal ketika Sultan Agung menetapkan penanggalan jawa untuk pertama kali, bulan suro dipercaya keramat sehingga muncul kepercayaan 1 suro dengan beragam ritual, ritual yang awalnya berpusat di Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Pada tanggal ini pula, para penggemar tosan aji akan melakukan ritual jamasan (pencucian benda-benda pusaka).
Khusus di Kediri biasanya ada ritual Larung Sesaji di sungai Brantas, dan upacara-upacara di tempat Petilasan Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo, untuk mengenang dan tentunya mendoakan serta sebagai sarana untuk meneladani sifat-sifat arif Joyoboyo, khususnya bagi warga masyarakat Kediri.

Larangan Menikah Bagi Warga Kediri: Antara Etan Kali dan Kulon Kali
            Tradisi melarang pernikahan yang melibatkan pasangan (calon), yang berasal dari barat sungai dan timur sungai, tradisi ini merupakan tradisi turun-temurun yang dipercaya dan diwariskan kepada keturunan utama Kediri (utama: asli jawa), kali (sungai) yang dimaksudkan disini adalah sungai Brantas, yang dahulunya merupakan pembatas kerajaan Panjalu dan Jenggala akibat adanya perebutan kekuasaan, sehingga terjadilah peperangan diantara keduanya. Inilah yang menjadi awal muculnya tradisi ini dan berlaku sampai saat ini. Jika masih dipaksakan maka kelak keluarganya akan ditimpa berbagai musibah, terutama bagi pihak laki-laki (yang dari timur sungai), namun larangan ini biasanya dapat diselesaikan dengan ritual-ritual khusus (penyembelihan Ayam Cemani dan melemparkannya ke sungai ketika rombongan pengantin melewati jembatan), kepercayaan ini dilaksanakan oleh sebagian besar orang-orang tua di Kediri dalam pengambilan keputusan untuk sebuah pernikahan, selain pencocokan tanggal (weton). Tradisi-tradisi yang menjadi kepercayaan masyarakat ini merupakan warisan budaya yang sangat istimewa, dan hendaknya kita sebagai penerus mampu menjaga dan melestarikannya, mengambil hikmahnya dan mengamalkannya.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. HIV / Herpes hakkındaki araştırmam sırasında Hiv / Herpes bilgisine rastladım; google'da STD araması yaparken bulması oldukça kolay olan bilgiler. HIV / Herpes Cured'in komplo olduğunu düşünerek komplo içindeydim. Komplo olmak bir cehaletti, bitkisel ilaç konusunda oldukça ilginç buldum. Bitkisel tedavinin resmi HIV / Herpes web sitelerinde soru sordum ve Hiv / Herpes propagandasını papağanladığımı söyleyen moderatörler tarafından yasaklandım. Bu, Hiv / Herpes tedavisinin olduğuna dair inancımı pekiştirdi. Daha sonra almanca adında bir bayan buldum Achima Abelard Dr Itua Hiv'i tedavi ettim. iki hafta boyunca.Ve bugün hayatımda hiçbir Hiv / Herpes Tedavi Edilmedim, Hiv / Herpes gruplarının Hiv / Herpes Bitkisel Tedavisi hakkında daha fazla bilgi edinmek için insanlarla iletişim kurma girişiminde bulunmaya çalıştım. aynı hastalıkta bu bilgiler size yardımcı olur ve bu bilgiyi diğer insanlara yardım etmek umuduyla yaymak için elimden gelenin en iyisini yapmak istedim. Bu Dr Itua Bitkisel Tıp, acı çeken insanlar için bir umut olduğuna inanmamı sağladı , Şizofreni, Kanser, Skolyoz, Fibromiyalji, Florokinolon Toksisite Sendromu Fibrodysplasia Ossificans Progressiva.Infertilite, Epilepsi, Diyabet, Çölyak hastalığı, Artrit, Amyotrofik Lateral Skleroz, Alziyer hastalığı s.Hiv_ AIDS, Herpes, İnflamatuar barsak hastalığı, Copd, Diyabet, Hepatit, Tasha ve Tara, Conley, Mckinney'i ve her türlü hastalığa karşı çok daha fazla iğrenç olduğunu nasıl tedavi ettiğimi çevrimiçi olarak okudum. Kendisi Tanrı'nın eşsiz bir kalbi olan bir bitkisel doktordur, Contact Emal..drituaherbalcenter @ gmail.com Telefon veya whatsapp .. + 2348149277967.

    BalasHapus