JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAHMU

JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAHMU
Suasana MK 2011

April 17, 2012

Sekilas: DYNASTI MING DAN QING


Ketika dinasti ming berkuasa (1368-1644) orang-orang hui bangkit kembali mereka tunduk kepada kaisar dari dinasti ming. Status sosial mereka kemudian terangkat kembali.
Pada masa silam kebanyakan orang-orang hui menguasai bahasaarab Persia dan hun. Namun dalam perkembangannya mereka lebih sering berinteraksi dengan orang-orang han. Generasi berikutnya hanya mengenal bahasa han saja.
Mereka juga menggunakan nama han seperti imam masjid niujie yang bernama Si Kun Bien.
Komunitas yang sarat dengan warna religi,menurut mereka, disebut “jiaofang”. Masjid menjadi sentra komunitas. Imam masjid menjadi sentra segala urusan komunitas.
Sebelum Mao Zhe Dong melarang berdirinya sekolah-sekolah khusus, pendidikan bagi anak-anak juga diselenggarakan oleh imam masjid bahkan imam masjid ikud pula mengatur perkembangan ekonomi dan kesejahteraan sosial bagi masyarakatnya.
Dana yang berhasil mereka himpun,sebagian diinvestasikan untuik membeli tanah-tanah pertanian. Juga membangun gedung untuk kepentingan masyarakat.
Masyarakat hui dikenal tidak pernah merasa takut menghadapi tekanan para penguasa sepanjang zaman. Selama pemerintahan dinasti Yuan dan Ming. Masyarakat hui mengobarkan revolusi menentang kesewenang-wenangan para penguasa.
Namun pada sisi lain,masyarakat  hui juga terlibat dalam revolusi melawan pengaruh asing. Baik dalam revoluasi anti Rusia,inggris, maupun Jepang.
Dinasti Ming jatuh,muncullah disati Qing(1644-1911). Komunitas Hui,terutama di Hezhou(kota linxia di propinsi Gansu) bangkit.
Etos kerja yang kuat di kalangan mereka menyebabkan banyak masyarakat Hui kini menjadi pedagang dan penguasa yang tangguh di zaman cina modern.
Beberapa tokoh Hui terkenal antara lain:
·         Laksamana Zheng ho (chengho) yang terkenal lewat ekspidisi yang berhasil ke 30 negara Asia dan Afrika selama 29 tahun. Laksamana Zheng Ho ditemani oleh dua ahli navigasi juga orang hui, yaitu Ma Huan dan Ha san.
·         Sayyid ajall shamsuddin(1211-1279), politisi Hui yang sangat cemerlang pada masa awal pemerintahan dinasti Yuan. Dia kemudian ditunjuk oleh peemrintah dinasti yuan untuk menjadi gubernur di propinsi Yunnan.
·         Hai Rui (1514-1587), politisi terkenal di zaman dinasti Ming. Dia juga dikenal sebagai seorang hakim yang bersih dan penuh disiplin.
Beberapa tokoh Hui lainnya, baik politisi maupun seniman dari masa dinasti Yuan
sampai Ming adalah Sadul,Gao Kegong,Ding Henian,Ma Jin,Ding Peng dan Gai Qi.
Tekanan-tekanan yang keras selama masa-masa lampau membuat mereka sangat keras berusaha dalam segala sector kehidupan.
Sampai kini, tradisi keilmuan di kalangan masyarakat Hui terus berkembang, sejumlah industry besar berkembang di propinsi Ningxia-Hui, didukung oleh perguruan tinggi terkenal. Banyak orang Hui kini menjadi guru besar,insinyur,dokter,ilmuwanpenulis,seniman dan profesi lainnya.
Salah satu perguruan tinggi yang sangat terkenal di Ningxia Hui adalah Universitas Ningxia, Ningxia medical College dan Ningxia Institute of Agronomy.
Pengembanagan sector modern besar-besaran di daerah ini juga melahirkan sejumlah artis dan olahragawan handal.
Industry berkembang sangat pesat. Propinsi ini telah mengembangkan sistem pembangkit listrik tenaga air yang sangat besar untuk mensuplai kebutuhan tenaga listrik meerka sendiri.

DYNASTY QING 1644-1912


Dinasti Qing sama dengan Yuan merupakan dinasti bangsa asing di Tiongkok, karena didirikan Bangsa Manchu, dan sekaligus merupakan dinasti terakhir di Tiongkok. Shunzhi yang merupakan kaisar pertamanya harus berjuang keras untuk membersihkan Tiongkok dari sisa-sisa Dinasti Ming secara bertahap.
Peristiwa penting yang patut dicatat adalah kunjungan duta besar Macartney dari Inggris untuk membuka hubungan bagi Tiongkok dan dunia Barat, namun sayangnya hubungan dengan bangsa Barat ini kelak diakhiri dengan penjajahan beberapa bagian Tiongkok.
Kunjungan ini terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong (1736 – 1795) dan bertujuan untuk membuka hubungan dagang serta kedutaan di Tiongkok. Tetapi Qianlong menjawabnya dengan pernyataan, “Aku tidak menghargai sedikitpun barang aneh ataupun luar biasa dan tidak memerlukan hasil dari negara Anda”. Utusan ini dapat dinilai sebagai suatu kegagalan.
Qianlong digantikan oleh putera kelimanya Jiaqing (1796 – 1820), pada masanya berkembanglah perasaan anti Manchu di kalangan Bangsa Tionghoa, yang mendorong timbulnya berbagai perkumpulan rahasia untuk menggulingkan Dinasti Qing, seperti misalnya perkumpulan Teratai Putih.
Pada masa kaisar berikutnya Daoguang (1821 – 1850), terjadilah peristiwa penting dalam sejarah Tiongkok, yakni Perang Candu. Latar belakang perang ini adalah sebagai berikut: semenjak kegagalan kunjungan Macartney dilakukanlah perdagangan segitiga. Pembelian sutra dan teh oleh Inggris dari Tiongkok dibayar dengan opium yang berasal dari India. Oleh karena masuknya candu ke Tiongkok ini, maka menyebabkan makin berlipat gandanya pecandu, sehingga akhirnya Tiongkok harus mengimpor candu dari pihak Inggris, dimana selama kurun waktu 40 tahun, impor candu telah membengkak dari 1000 kotak menjadi 40.000 kotak. Makin meningkatnya pecandu opium ini melemahkan negara dengan dua cara, yakni melemahnya sumber daya manusia serta mengalirnya kekayaan negara ke barat. Menimbang makin meningkatnya pencandu opium yang pada tahun 1830-an sudah mencapai 10 juta jiwa, maka Kaisar Daoguang memutuskan untuk mengeluarkan surat perintah pada Lin Zexu (1785 – 1850) untuk menekan perdagangan candu tersebut. Sebagai pelaksanaan titah kaisar tersebut Lin menyita dan membakar candu milik Inggris. Ada beberapa hal yang jarang disebutkan oleh para penulis Barat, sesungguhnya candu tersebut bukan hanya sekedar disita, tapi Tiongkok bersedia memberi ganti rugi berupa uang perak 10 tael serta teh 1 bal utk setiap peti candu. Lin juga sebelumnya telah menulis surat ke Ratu Inggris dan memohon utk menghentikan kegiatan perdagangan candu via EIC (East India Company) sebelum mengambil tindakan tegas. Pihak Inggris marah dan menyatakan perang kepada Tiongkok sehingga meletuslah Perang Candu (1840 – 1842). Perang ini diakhiri dengan kekalahan Tiongkok, karena persenjataan barat yang lebih canggih serta makin melemahnya kekuatan Dinasti Qing sendiri.
Pada masa selanjutnya kita dapat melihat bahwa kekuatan barat makin leluasa menguasai Tiongkok secara perlahan-lahan. Pemberontakan yang terjadi di mana-mana juga makin memperlemah Dinasti Qing.
Pemberontakan Taiping (1850 – 1864) merupakan pukulan besar bagi Dinasti Qing, yang terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Xianfeng (1851 – 1861). Pemimpinnya adalah Hong Xiuquan, seseorang yang terpengaruh oleh Agama Kristen. Pada mulanya bangsa Barat bersimpati pada pemberontakan ini, namun setelah mengetahui bahwa Hong mempunyai doktrin yang agak “miring”, dengan menyatakan diri sebagai adik Yesus Kristus, maka bangsa Baratpun berbalik mendukung Dinasti Qing. Pemberontakan ini pada akhirnya berhasil dipadamkan dengan bantuan barat sehingga menunjukkan makin bergantungnya Tiongkok pada barat.
Sentimen anti-Manchu berkembang subur di mana-mana, salah seorang tokoh paling menonjol adalah Sun Yatsen, dimana ia pada akhirnya pada tanggal 15 Februari 1912 berhasil membuat kaisar terakhir Dinasti Qing, Puyi (1909 – 1911) turun tahta. Tiongkok menjadi negara republik. Runtuhlah sistim dinasti yang telah berlangsung selama kurang lebih 5000 tahun semenjak Yu, pendiri Dinasti Xia hingga Puyi, kaisar terakhir Tiongkok.
From: “perfect_harmony2000″
Date: Mon Jan 2, 2006 3:23 am
posted at mailing list http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/16132

1 komentar:

  1. HIV / Herpes hakkındaki araştırmam sırasında Hiv / Herpes bilgisine rastladım; google'da STD araması yaparken bulması oldukça kolay olan bilgiler. HIV / Herpes Cured'in komplo olduğunu düşünerek komplo içindeydim. Komplo olmak bir cehaletti, bitkisel ilaç konusunda oldukça ilginç buldum. Bitkisel tedavinin resmi HIV / Herpes web sitelerinde soru sordum ve Hiv / Herpes propagandasını papağanladığımı söyleyen moderatörler tarafından yasaklandım. Bu, Hiv / Herpes tedavisinin olduğuna dair inancımı pekiştirdi. Daha sonra almanca adında bir bayan buldum Achima Abelard Dr Itua Hiv'i tedavi ettim. iki hafta boyunca.Ve bugün hayatımda hiçbir Hiv / Herpes Tedavi Edilmedim, Hiv / Herpes gruplarının Hiv / Herpes Bitkisel Tedavisi hakkında daha fazla bilgi edinmek için insanlarla iletişim kurma girişiminde bulunmaya çalıştım. aynı hastalıkta bu bilgiler size yardımcı olur ve bu bilgiyi diğer insanlara yardım etmek umuduyla yaymak için elimden gelenin en iyisini yapmak istedim. Bu Dr Itua Bitkisel Tıp, acı çeken insanlar için bir umut olduğuna inanmamı sağladı , Şizofreni, Kanser, Skolyoz, Fibromiyalji, Florokinolon Toksisite Sendromu Fibrodysplasia Ossificans Progressiva.Infertilite, Epilepsi, Diyabet, Çölyak hastalığı, Artrit, Amyotrofik Lateral Skleroz, Alziyer hastalığı s.Hiv_ AIDS, Herpes, İnflamatuar barsak hastalığı, Copd, Diyabet, Hepatit, Tasha ve Tara, Conley, Mckinney'i ve her türlü hastalığa karşı çok daha fazla iğrenç olduğunu nasıl tedavi ettiğimi çevrimiçi olarak okudum. Kendisi Tanrı'nın eşsiz bir kalbi olan bir bitkisel doktordur, Contact Emal..drituaherbalcenter @ gmail.com Telefon veya whatsapp .. + 2348149277967.

    BalasHapus